Perencanaan
organisasi adalah proses menentukan bagaimanan organisasi bisa mencapai
tujuannya. Perencanaan adalah proses menentukan dengan tepat apa yang akan
dilakukan organisasi untuk mencapai tujuannya. Dalam istilah resmi perencanaan
didefinisikan sebagai perkembangan sistematis dari pogram tindakan yang
ditunjukan pada pencapaian tujuan bisnis yang telah disepakati dengan proses
analisa, evaluasi, seleksi diantara peluang-peluang yang diprediksi terlebih
dahulu. Perencanaan organisasi mempunyai dua maksud: perlindungan dan
kesepakatan (protective dan affirmative).
Pada
hakikatnya tiap sumber daya organisasional mewakili suatu investasi dari mana
sistem manajemen harus mendapat pengembalian nya. Pengorganisasian yang sesuai
dari sumber daya akan meningkatkan efektivitas dan efesiensi dari penggunaan
nya. Henry Fayol telah mengembangkan 16 garis pedoman umum yang bisa digunakan
ketika mengorganisasi sumber daya, garis pedoman tersebut masih merupkan saran
yang bernilai bagi wirausahawan. Adapun 16 garis pedoman umum nya antara lain:
1. Menyiapkan
dan melaksanakan operasional secara bijaksana
2. Mengorganisasi
faset kemanusiaan dan bahan sehingga konsisten dengan tujuan-tujuan, sumber
daya, dan kebutuhan dari persoalan tersebut
3. Menetapkan
wewenang tunggal, kompeten, enerjik, dan menuntun
4. Mengkoordinasi
semua aktivitas-aktivitas dan usaha-usaha
5. Merumuskan
keputusan yang jelas, berbeda, dan tepat
6. Menyusun
bagi seleksi yang efesien
7. Mendefinisikan
tugas-tugas
8. Mendorong
inisiatif dan tanggung jawab
9. Memberi
balas jasa yang adil
10. Memfungsikan
sanksi terhadap kesalahan
11. Mempertahankan
disiplin
12. Menjamin
bahwa kebutuhan individu konsisten dengan kepentingan umum
13. Mengakui
ada nya satu komando
14. Mempromosikan
koordinasi bahan dan kemanusiaan
15. Memperlembagakan
dan memberlakukan pengawasan
16. Menghindari
adanya pengaturan, birokrasi
Konsep
pembagian tenaga kerja diberikan pada berbagai bagian tugas tertentu diantara
sejumlah anggota organisasi sehingga produksi dibagi menjadi sejumlah
langkah-langkah/tugas-tugas dengan tanggung jawab penyelesaian yang diberikan
pada individu tertentu.
Keuntungan dan Kerugian
Pembagian Tenaga Kerja, antara lain:
1. Pekerja
berspesialisasi dalam tugas tertentu sehingga keterampilan dalam tugas tertentu
meningkat
2. Tenaga
kerja tidak kehilangan waktu dari satu tugas ke tugas yang lain
3. Pekerja
memusatkan diri pada satu pekerjaan dan membuat pekerjaan lebih mudah dan
efisien
4. Pekerja
hanya perlu mengetahui bagaimana melaksanakan bagian tugas dan bukan proses
keseluruhan produk
Kerugian
1. Pembagian
kerja hanya dipusatkan pada efisiensi dan manfaat ekonomi yang mengabaikan
variabel manusia
2. Kerja
yang terspesialisasi cenderung menjadi sangat membosankan yang akan berakibat
tingkat produksi menurun
Menurut Chester Barnard
akan makin banyak perintah manajer yang diterima dalam jangka panjang jika:
1. Saluran
formal dari komunikasi digunakan oleh manajer dan dikenal semua anggota
organisasi
2. Tiap
anggota organisasi telah menerima saluran komunikasi formal melalui mana dia
menerima perintah
3. Lini
komunikasi antara manajer bawahan bersifat langsung
4. Rantai
komando yang lengkap
5. Manajer
memiliki keterampilan komunikasi yang memadai
6. Manajer
menggunakan lini komunikasi formal hanya untuk urusan organisasional
7. Suatu
perintah secara otentik memang berasal dari manajer
카지노사이트 카지노사이트 sbobet ทางเข้า sbobet ทางเข้า ミスティーノ ミスティーノ fun88 soikeotot fun88 soikeotot クイーンカジノ クイーンカジノ rb88 rb88 250
BalasHapus